TIPE-TIPE LEMBAGA SOSIAL

a. Berdasarkan proses terbentuknya, lembaga sosial Dibedakan sebagai berikut.
1) Cresive institution, yaitu lembaga sosial yang tumbuh dan adat istiadat masyarakat sehingga menjadi lembaga sosial utama di dalam masyarakat itu. Misalnya, lembaga pernikahan dan lembaga religi (kepercayaan).
2) Enacted institution, yaitu lembaga sosial yang sengaja dibentuk untuk memenuhi tujuan tertentu yang berakar dan kebiasaan kebiasaan dalam masyarakat. Misalnya, lembaga hutang piutang dan lembaga perdagangan.
b. Berdasarkan fungsinya, ada dua lembaga sosial, yaitu sebagai berikut.
1) Operative institution, berfungsi untuk menghimpun pola-pola atau tata cara yang diperlukan untuk mencapai tujuan, misalnya lembaga industri.
2) Regulative institution, berfungsi mengawasi adat istiadat atau tata cara yang tidak menjadi bagian mutlak dan lembaga sosial itu sendiri. Misalnya, lembaga hukum, lembaga kejaksaan, dan lembaga pengadilan.
c. Berdasarkan tingkat kepentingannya, lembaga sosial dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.
1) Basic institution, yaitu lembaga sosial yang keberadaannya dianggap sangat penting untuk memelihara atau mem pertahankan tata tertib dalam masyarakat. Misalnya, keluarga dan pendidikan.
2) Subsidiary institution, yaitu lembaga sosial yang dianggap kurang penting. Misalnya, kegiatan rekreasi dan berbagai bentuk hiburan.
d. Berdasarkan tingkat penerimaan oleh masyarakat, lembaga sosial dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.
1) Sosial-sanctioned institution, yaitu lembaga sosial yang ditenima dengan baik oleh masyarakat. Misalnya, lembaga sekolah dan perusahaan.
2) Unsanctioned institution, yaitu lembaga sosia! yang ditolak oleh masyarakat meskipun masyarakat kadang-kadang tidak berhasil memberantasnya. Misalnya, perampokan, korupsi, premanisme, pencopet, dan prostitusi.
e. Berdasarkan faktor-faktor persebarannya, lembaga sosial Di bedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.
1) General institution, yaitu lembaga sosia! yang dikenal dan diterima di mana-mana. Misalnya, lembaga agama dan lembaga pendidikan.

2) Restricted institution, yaitu lembaga sosial yang diterima hanya oleh sebagian kecil masyarakat saja, atau kelompok-kelompok tertentu dalam suatu masyarakat saja. Misalnya, ajaran dan agama tertentu.

0 Response to "TIPE-TIPE LEMBAGA SOSIAL"

Post a Comment