popads

PENGERTIAN PERUBAHAN SOSIAL

Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi akibat ketidaksesuaian di antara unsur-unsur sosial yang saling berbeda sehingga terjadi keadaán yang tidak serasi fungsinya bagi kehidupan. Sebelum menganalisis lebih lanjut, berikut adalah beberapa definisi tentang perubahan sosial yang dikemukakan oleh para ahli sosiologi.
John Lewis Gillin dan John Philip Gillin
Perubahan sosial adalah suatu variasi dan cira hidup yang diterima, akibat adanya perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun karena adanya difusi dan penemuan barn dalam masyarakat.
Samuel Koenig
Perubahan sosial menunjuk pada modifikasi-modifikasi yang ter jadi dalam pola-pola kehidupan manusia. Modifikasi tersebut dapat terjadi karena sebab-sebab internal dan eksternal.
Kingsley Davis
Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Misalnya, timbulnya pengorganisasian buruh dalam masyarakat kapitalis yang menyebabkan terjadinya perubahan hubungan antara buruh dengan majikan, yang pada akhirnya menyebabkan perubahan-perubahan dalam organisasi ekonomi dan politik.
Selo Soemardjan
Perubahan sosial adalah perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.
Dan beberapa definisi di atas, terlihat bahwa perubahan sosial mencakup hal-hal berikut.
• Perubahan pola-pola atau lembaga-lembaga kemasyarakatan.
• Memengaruhi sistem sosial, termasuk struktur sosial masyarakat dan perwujudan kebudayaan.
• Disebabkan oleh faktor dan dalam dan dan luar masyarakat itu sendiri.

Baca Juga :
Teori Perubahan Sosial
Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial

0 Response to "PENGERTIAN PERUBAHAN SOSIAL"

Post a Comment