PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA

Pengertian dan Pentingnya Ideologi bagi Suatu Negara
Ideologi menjadi hal yang wajib dimiliki setiap bangsa. Setiap bangsa pun memiliki pendapat atau pandangan ideologi yag berbeda- beda. Berikut ini akan dijelaskan pengertian dan pentingnya ideologi.
Ada beberapa pengertian ideologi, antara lain sebagai berikut.
l) Ideologi berarti suatu gagasan berdasarkan pemikiran yang sedalam-dalamnya dan merupakan hasil pemikiran filsafat.
2) Ideologi adalah ajaran, doktrin, teori, atau ilmu yang diyakini kebenarannya dan disusun secara sistematis serta diberi petunjuk pelaksanaannya dalam menanggapi dan menyelesaikan masalah yang timbul dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
3) Ideologi adalah seperangkat nilai, ide, dan cita-cita beserta pedoman dan metode dalam melaksanakan/mewujudkannya.
4) Ideologi adalah seperangkat gagasan yang membentuk landasan teori ekonomi dan politik yang menjadi pedoman seseorang atau sekelompok orang.
5) Ideologi juga berarti seperangkat gagasan dan keyakinan yang dapat menjadi pegangan dalam kehidupan manusia.
Dari beberapa pengertian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian ideologi adalah gagasan yang disusun secara sistematis dan diyakini kebenarannya untuk diwujudkan dalam kehidupan. Dalam ideologi terkandung konsepsi dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan, dasar pikiran yang terdalam, dan gagasan mengenai wujud kehidupan yangdianggap baik. Pada akhirnya, ideologi suatu negara adalah suatu kristalisasi dari nilai-nilai yang dimiliki, diyakini kebenarannya, dan menimbulkan tekad untuk mewujudkannya. Jadi, ideologi didasarkan pada filsafat negara. Ideologi disertai penggunaan kekuatan (power) guna mewujudkannya maka ideologi dekat dengan kekuasaan politik.

Pentingnya Ideologi bagi Suatu Negara
Ideologi menjadi suatu yang sangat penting dan vital bagi kelangsungan hidup suatu kelompok atau sebuah bangsa. Hal itu disebabkan ideologi memberikan kejelasan identitas nasional, memberi inspirasi akan cita-cita dan pendorong dalam tujuan masyarakatnya.
Dengan ideologi yang jelas, suatu negara akan memiliki pegangan dan pedoman bagaimana mengenal dan memecahkan masalah politik, ekonomi, sosial, budaya, dan hankam yang timbul dalam gerak masyarakat yang makin maju.

Baca Juga :
DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA
MACAM-MACAM IDEOLOGI DI DUNIA

0 Response to "PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA"

Post a Comment