MEMAHAMI LANGKAH-LANGKAH MENULIS RESENSI BUKU

Seiring dengan kemajuan teknologi percetakan dan derasnya arus informasi, jumlah judul buku yang diterbitkan semakin banyak. Ada buku pengetahuan populer tentang hobi, seperti tanaman hias, binatang piaraan, olahraga, musik, otomotif, elektronik, komputer, fotografi, astronomi, dan memasak. Ada juga buku pengetahuan berhubungan dengan minat-minat tertentu, seperti psikologi, rohani, ñlsafat, bisnis, politik, hukum, dan kesehatan. Banyaknya buku yang beredar itu menyediakan banyak alternatif bacaan, tetapi di sisi lain membuat pembaca kadang bingung menentukan pilihan. Apalagi, banyak buku bertopik sama, tetapi pengarang dan penerbitnya berbeda.
Di toko buku, kebanyakan buku-buku disegel sehingga calon pembeli tidak bisa mengintip isinya. Calon pembeli tidak bisa mengetahui bagaimana kualitas buku yang akan dibelinya dan juga tidak tahu apakah isinya sesuai kebutuhannya. Untuk membantu mengatasi persoalan ini, pembaca bisa membaca resensi buku yang sering terdapat di media cetak.
Istilah resensiberasal dari bahasa Belanda resentie atau bahasa Latin recenszb yang berarti memeriksa kembali. Resensi berisi ulasan, tanggapan, penilaian, dan apresiasi seseorang terhadap sebuah buku. Resensi disebut juga timbangan buku.
Berikut ini adalah langkah-langkah menulis resensi buku.
I. Memilih judul buku yang layak untuk diresensi.
2. Mengidentifikasi data publikasi buku: judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, jumlah Ira/aman, ukuran/dimensi.
3. Membaca secara intensif untuk menikmati dan mendalami isi buku.
4. Meringkas untuk menemukan garis besar isi dan pokok-pokok penting/ menarik.
5.   a) Membaca ulang sambil meneliti isi buku untuk dapat mengidentifikasi sisi-sisi kelebihan, kekurangan, manfaat, dan dampak negatifnya.
      b) Membandingkannya dengan buku berjudul sejenis yang lebih dahulu terbit.
      c) Menimbang bobot kelebihan dan kekurangarmya, manfaat, dan mudaratnya.
6. Mengambil kesimpulan untuk memberikan saran pertimbangan atau rekomendasi kepada calon pembaca.
Setelah semua langkah di atas dilakukan, barulah penulis dapat menuangkan hasil resensi ke dalam karangan dan memberinya judul yang menarik. Karangan ini hendak dipublikasikan sehingga harus diperiksa dan diedit dengan cermat. Jangan sampai kesalahan itu baru diketahui setelah dipublikasikan. Setelah semua dikerjakan dengan baik, tahap terakhir adalah mempublikasikan atau mengkomunikasikan hasil resensi kepada publik atau yang berkepentingan.

Seperti yang telah disampaikan bahwa untuk dapat menulis sebuah resensi, peresensi harus membaca secara cermat dan tuntas dan menangkap gagasan pokok, penting, mendasar, dan garis besar isi buku. Sisi-sisi buku yang menjadi daya tarik dan keunggulan daripada buku lain yang mengulas hal sejenis harus sudah teridentiñkasi. Kutipan atau data-data tekstual yang memperkuat serta V menjadi bukti atas temuannya dan opininya itu juga sudah disiapkan lengkap dengan letak nomor halamannya.

0 Response to "MEMAHAMI LANGKAH-LANGKAH MENULIS RESENSI BUKU"

Post a Comment