CIRI-CIRI LEMBAGA SOSIAL

Berikut adalah ciri-ciri dari lembaga sosial :
a. Suatu lembaga sosial adalah kumpulan pola-pola perilaku yang terwujud melalui kegiatan-kegiatan kemasyarakatan dan hasil hasilnya, tata kelakuan, kebiasaan, serta unsur-unsur kebudayaan Iainnya yang secara Iangsung maupun tidak langsung tergabung dalam suatu bagian tertentu yang memiliki fungsi dalam masyarakat.
b. Usia suatu lembaga sosial Iebih panjang daripada usia orang perorangan (individu) yang membentuknya, mempertahankan, dan/atau mengubahnya. Misalnya, suatu bahasa selalu lebih dulu ada daripada kelahiran seseorang dan tetap ada setelah si pemakainya meninggal.
c. Setiap lembaga sosial memiliki nilai-nilai tersendiri, yaitu sistem gagasan mendasar yang dimiliki secara bersama-sama oleh sekelompok orang yang digunakan untuk menafsirkan berbagai hal yang telah, sedang, dan akan berlangsung dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, berdasarkan nilai-nilai yang dimiliki lembaga pendidikan, para pendukung lembaga tersebut percaya bahwa pendidikan penting artinya dalam memperluas wawasan orang dan membentuk kemandirian. Ketidakmampuan untuk mendapatkan kerja yang memuaskan sering dianggap terjadi karena prestasi pendidikan yang rendah.
d. Sistem kepercayaan dan aneka macam tindakan baru akan menjadi bagian lembaga sosial setelah melewati waktu yang relatif lama. Contohnya, tindakan mendidik anak dalam keluarga barn menghasilkan lembaga pendidikan setelah ratusan bahkan ribuan tahun.
e. Lembaga sosial mempunyai satu atau beberapa tujuan yang mungkin saja tidak sejalan dengan fungsi lembaga itu. Apabila dipandang dan sudut pandang kebudayaan, perbedaan fungsi dan tujuan sangat penting karena dapat menunjukkan betapa masyarakat akan berpegang teguh pada lembaga sosial yang sekaligus juga merupakan tujuan mereka.
f. Lembaga sosial mempunyai alat alat perlengkapan yang digunakan untuk mencapai tujuan lembaga yang bersangkutan. Misalnya, bangunan, tata tertib, peralatan, dan mesin.
g. Setiap lembaga sosial Memiliki lambang-lambang yang merupa kan ciri khas atau simbol. Lambang-lambang ini menggambarkan tujuan dan fungsi lembaga sosial yang bersangkutan. Selain itu, lambang ini memberikan identitas kepada warga masya rakat yang terlibat di dalarnnya. Lambang atau simbol ini dapat berbentuk benda, wama, tuhsan, maupun slogan. Misalnya, lembaga pendidikan memiliki slogan Tut Wuri Handayani, dan lembaga pemikahan memiliki simbol cincin kawin sebagai lambang kesetiaan tiada akhir, tak berpangkal dan tidak berujung.

h. Suatu lembaga sosial mempunyai tradisi tertulis maupun tidak tertulis, yang antara lain merumuskan tujuan dan tata tertib yang berlaku. Tradisi tersebut merupakan dasar dan lembaga didalam pekerjaannya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok masyarakat tempat lembaga sosial tersebut menjadi bagiannya.

0 Response to "CIRI-CIRI LEMBAGA SOSIAL"

Post a Comment